SEPULUH SLID UTAMA UNTUK MULAI PITCH DECK

Alat pertolongan pertama dari inkubator startup dan pusat teknologi Business Hive Vilnius (BHV)

 

Oke, startupers Anda telah membuat produk hebat. Tim Anda sempurna. Pasar sudah siap untuk anda. Atau Anda hampir kehabisan uang. Sekarang saatnya mengumpulkan dana.

Anda perlu dek lapangan yang bagus. Tidak, ini bukan hanya tentang menulis sepuluh kalimat cerdas tentang startup hebat Anda. Dan tidak, ini bukan tentang membuat dokumen Word setebal 50 halaman. Dan tidak, tolong, ini bukan tentang presentasi informal yang bagus dengan gambar tim Anda di hoodies.
Dek lapangan start terbaik adalah presentasi yang terdiri dari sepuluh slide. Di sini mereka.

SLIDE PERTAMA

Ini adalah (kejutan!) Sebuah elevator pitch atau deskripsi produk singkat. Jelaslah. Lupakan ungkapan, seperti 'Uber for developers', atau 'Airbnb for dogs', tidak ada yang akan membaca lebih jauh. Beritahu kami persis apa yang Anda lakukan, yang Anda melakukannya untuk, dan apa masalah apakah itu memecahkan.

Contoh buruk: Kami membangun layanan yang mengganggu dalam industri pengiriman makanan.

Contoh yang bagus: Kami membuat aplikasi mobile untuk pecinta anjing, yang membantu mereka untuk segera memesan makanan hewani pengiriman dari toko terdekat.

MASALAH

Masalah apa yang Anda selesaikan? Apakah Anda benar-benar yakin bahwa masalah ini benar-benar ada? Jadilah sangat spesifik dalam menggambarkannya. Omong-omong, figur selalu bekerja dengan baik.

Contoh buruk: Pemilik anjing membutuhkan layanan pengiriman makanan.

Contoh yang baik: Statistik mengkonfirmasi bahwa 32% pemilik anjing di AS menghadapi masalah dalam menjalankannya 
Dari makanan anjing di pagi hari, saat mereka bergegas bekerja, atau, di malam hari, saat toko terdekat sudah tutup. Kami menawarkan layanan pengiriman yang membantu memecahkan masalah ini, memastikan bahwa hewan peliharaan Anda tidak akan kelaparan, tidak peduli waktu.

TARGET AUDIENCE

Dimana pasar Anda secara geografis dan siapa pelanggan Anda? Berapa usianya, jenis kelamin, gaya hidup, di mana mereka bekerja, bagaimana mereka menghabiskan waktu luang mereka, apa wawasan mereka? Semakin Anda tahu semakin baik itu untuk Anda dan bisnis Anda. Analisis statistik dan pesaing akan membantu Anda untuk lebih memahami ukuran pasar dalam jumlah.

Contoh buruk : Pelanggan kami adalah pemilik anjing.

Contoh yang baik: Pelanggan kami pemilik anjing ukuran kecil dan menengah, tinggal di kota-kota besar di Amerika Serikat, kerah putih, kesepian atau hubungan, kebanyakan tidak menikah / tidak memiliki anak, usia; 25-40. Ada 30 juta pengguna potensial App kami di AS saja, dengan omset pasar tahunan sebesar 0,5 miliar USD.

STRATEGI AKUISISI USER

Bagaimana dan di mana Anda akan mencari pengguna Anda? Beritahu kami persis; di mana mereka, bagaimana Anda mencapainya, dan berapa biaya yang harus dikeluarkan per pengguna? Ingat, biaya akuisisi pengguna Anda harus benar-benar rendah pada titik ini dan impas selama 12 bulan pertama, jika tidak, itu tidak akan berhasil.

Contoh buruk: Kami akan membuat iklan di Facebook.

Contoh bagus: copywriter kami akan menulis artikel tentang anjing untuk situs pecinta anjing, di mana kami akan menjelaskan produk kami kepada pengguna dan menawarkan uji coba gratis. Biaya akuisisi pengguna kami akan menjadi 0,10 USD per pengguna, dan kami berencana menargetkan 50.000 pengguna dengan saluran ini. (Dan sekarang Anda mungkin berbicara tentang saluran lain).

KOMPETISI

Pesaing selalu ada, bahkan Anda menciptakan cara baru untuk melakukan hal yang sama. Alasan utama berinvestasi di dalam diri Anda bukanlah bahwa Anda lebih inovatif, tapi Anda lebih efektif. Pikirkan baik-baik tentang pasar tradisional. Pikirkan tentang pasar digital. Apa keuntungan anda Buat bagan atau ilustrasi di mana Anda membandingkan model Anda dengan pesaing Anda, melalui kategori yang berbeda.

Contoh buruk: Kami adalah layanan yang mengganggu dengan antarmuka yang user-friendly.

Contoh yang bagus: Buat tabel komparatif dan tambahkan '+' dan '-' ke setiap sel. Pastikan model Anda berisi semua '+'.

MONETISASI

Berapa banyak pelanggan yang bersedia membayar produk Anda? Berapa yang mereka mau bayar? Berapa yang mereka bayar? Apakah ada kemungkinan mereka bisa membayar lebih? Ya, kita berbicara tentang angka pasti. Berapakah pangsa pelanggan yang membayar produk Anda?

Contoh buruk: Kami akan memonetisasi iklan melalui iklan di aplikasi kami.

Contoh bagus: Pelanggan kami membayar $ 10 untuk setiap pengiriman. Dalam 6 bulan kami akan memperkenalkan layanan tambahan dimana pelanggan akan membayar tambahan $ 5 / bulan untuk berlangganan. 30% pengguna terdaftar kami membayar pelanggan.

DAYA TARIK

Dimana kamu sekarang? Apa yang telah Anda sampaikan sejauh ini? Apakah Anda memiliki pelanggan yang membayar? Apakah Anda memiliki pelanggan sama sekali? Apa yang telah Anda lakukan untuk menarik pelanggan Anda?

Contoh buruk: Kami sedang mengembangkan aplikasi dan mencari investasi.

Contoh yang baik:

- Kami telah mengembangkan versi beta aplikasi kami dan meluncurkannya di App Store

- Kami memiliki 500 instalasi minggu ini

- Jumlah instalasi tumbuh 100% setiap minggunya

- Kami memiliki 20 pelanggan yang membayar dalam 2 minggu langsung setelah peluncuran

- Kami telah mengatur pertemuan dengan 14 mitra potensial, 2 mitra telah menandatangani kontrak.

TIM

Investor tidak pernah berinvestasi pada produk pada tahap ini, mereka berinvestasi dalam sebuah tim. Jadi, slide ini seharusnya menjadi komponen utamanya. Ungkapkan semua yang Anda bisa tentang pendiri dan keahlian dan prestasi anggota tim utama, slide ini pasti sangat meyakinkan. Juga gambarnya harus menarik, kita sadari bukan Tinder, tapi tetap saja cocok.

Contoh buruk: Kami adalah tim profesional, yang mencakup 2 desainer, 3 pengembang, dan 1 CEO.

Contoh yang baik: Pendiri kami, John Smith, memulai bisnis pertamanya pada usia 15 tahun. Selama 3 tahun terakhir ini dia pernah berperan sebagai wakil CEO di "Happy Dog" (rantai makanan hewan peliharaan), di mana dia berhasil meningkatkan omset perusahaan dua kali lipat.

APA BERIKUTNYA

Apa sebenarnya rencana Anda untuk jangka waktu 6-12 bulan setelah investasi awal? Tonggak apa dalam pengembangan produk yang akan Anda capai? Berapa banyak pengguna yang akan Anda dapatkan? Berapa banyak uang yang akan Anda hasilkan? Pasar mana yang ingin Anda masuki? Ingat, angka sebenarnya jauh lebih meyakinkan daripada deskripsi yang tidak jelas.

Contoh buruk: Kami berencana untuk menyelesaikan pengembangan produk dan memasuki pasar AS

Contoh yang baik:

- Luncurkan aplikasi mobile dalam 2 bulan

- Mengembangkan AI untuk logistik

- Menarik 150.000 pengguna baru ke aplikasi kami, 30% dari mereka akan membayar pelanggan

- Buat 20 kemitraan baru dengan rantai toko hewan peliharaan.

PROPOSAL INVESTASI

Akhirnya. Proposal investasi Berapa jumlah uang yang anda cari? Siapa investor impianmu? Apa yang akan investor Anda dapatkan untuk investasi mereka? Apa rencana keluar bagi investor? Bagaimana Anda akan menghabiskan uang investasi Anda?

Contoh buruk: Kami mencari 1.000.000 USD

Contoh yang baik: Kami mencari 1 juta USD untuk 10% ekuitas dari dana - beroperasi di industri ritel - yang akan digunakan untuk pengembangan produk lebih lanjut (70%) dan pemasaran (30%). Rencana kami adalah mencapai 20 juta omset dalam 2 tahun dan menawarkan exit investor selama M & A (pembeli potensial: 'Red Dog Food' dan 'Happy Dog').

Semoga berhasil dengan penggalangan dana anda,


Komentar

Postingan populer dari blog ini

LocalCoinSwap

SKYFchain

PayPro