Datareum

Pengenalan Datareum Pasar Data Terdesentralisasi




Pengenalan Datareum Pasar Data Terdesentralisasi

"Informasi adalah minyak abad ke-21, dan analisis adalah mesin pembakaran internal."

-Peter Sondergaard. Gartner Research

Jika informasi adalah minyak abad ke-21, semua orang berada di sumur minyak.


Kita semua menghasilkan jumlah data yang tidak masuk akal dalam kehidupan sehari-hari kita. Setiap pembelian (elektronik) yang kami lakukan, setiap pencarian Google yang kami lakukan, setiap situs web yang kami lihat, di mana penunjuk kami berada di setiap situs web, setiap posting media sosial yang kami lihat, komentar, bagikan, sukai, lewati , jeda, dan tonton selama lebih dari setengah detik - semua ini dicatat dalam basis data global yang tumbuh secara eksponensial.

Kecepatan produksi data meningkat sehingga, menurut survei IBM Marketing Cloud, 90% data yang saat ini di internet telah dibuat sejak 2016. Dan karena semakin banyak perangkat, seperti sensor di Fibit, kulkas pintar, dan meja Anda Alexis - terhubung ke internet, produksi data hanya akan mempercepat.

Semua data ini memiliki nilai. Saat ini digunakan terutama untuk penelitian pemasaran dan akademik, tetapi semakin sering digunakan untuk membuat saran dan prediksi yang berguna tentang diri kita dan memberi makan kecerdasan buatan yang pada akhirnya akan menjadi hal paling berharga yang pernah dibuat.

Tapi itu semua dalam waktu yang agak jauh. Untuk saat ini, nilai data yang sebenarnya biasanya di luar jangkauan kami - setelah semua, tidak satupun dari kita telah dapat menyerahkan keuntungan yang dihasilkan dengan itu. Penelitian IDC menunjukkan bahwa 90% dari data yang dihasilkan sejauh ini masih belum terstruktur, yang berarti sulit untuk mengekstrak makna yang nyata.

Data terstruktur yang kami miliki biasanya tidak ada dalam kendali pribadi kami. "Data Custodians" seperti Facebook, Google, dan Amazon menggunakannya untuk keuntungan besar. Lalu ada "Pialang Data" yang mengambil semua yang mereka bisa dan menjualnya kepada penawar tertinggi.

Hasilnya: hampir semua data berharga ini berada di luar kendali kami dan digunakan oleh orang lain.

Tetapi ada perubahan di cakrawala dan itu datang dalam bentuk gerakan menuju desentralisasi. Munculnya ekonomi berbagi telah menyebabkan munculnya etos baru tentang sifat properti. Ini adalah langkah menjauh dari perusahaan dan pemerintah yang terpusat sebagai pengelola informasi atau uang, menuju interaksi antar-rekan yang terdesentralisasi.

Gerakan desentralisasi ini baru-baru ini menerima dorongan besar berkat kemajuan dalam kriptografi dan kemunculan cryptocurrency yang lebih baru.

Sekarang adalah mungkin untuk pertama kalinya untuk bertukar nilai secara peer-to-peer tanpa membutuhkan otoritas yang dipercaya. Seperti yang kita tahu, aplikasi pertama dari ini adalah uang dalam bentuk Bitcoin dan cryptocurrency lain peer-to-peer. Uang yang terdesentralisasi benar-benar revolusioner dan akan memiliki dampak besar selama beberapa tahun dan dekade mendatang, tetapi uang hanyalah aplikasi pertama. Dengan teknologi ini kita dapat menukarkan nilai apa pun. Yang dibutuhkan hanyalah infrastruktur dan jaringan untuk memungkinkannya.

Infrastruktur untuk memungkinkan perdagangan data adalah apa yang ingin kita bangun di Datareum. Visi jangka panjang kami adalah dunia di mana penyedia data memiliki kontrol penuh atas data yang mereka hasilkan dan pencari data memiliki akses ke data yang dihasilkan secara etis, berkualitas tinggi, dan terstruktur dengan harga yang wajar. Di dunia ini, penyedia akan dikompensasi dengan layak untuk nilai data mereka dan para peneliti dari semua jenis akan memiliki akses ke data berkualitas tinggi yang mereka butuhkan. Untuk membuat visi ini menjadi mungkin, kami membangun pasar peer-to-peer terdesentralisasi untuk data: Datareum Marketplace. 

Meskipun visi jangka panjang kami luar biasa, kami menyadari bahwa sangat penting untuk memulai dari yang kecil.

Sama seperti di awal internet, banyak ide bagus yang terlalu dini untuk waktu mereka, di dunia baru blockchain / desentralisasi yang orang-orang sebut Web 2.0, banyak - mungkin yang paling ambisius - proyek akan gagal.

Bertekad untuk tidak jatuh ke dalam kategori kegagalan, kami sangat bergantung pada pelajaran dari penelitian kolaborasi multi-tahun R3 pada penelitian blockchain (program penelitian terbesar di dunia dari jenisnya hingga saat ini) ke dalam kemungkinan keberhasilan proyek bisnis blockchain tertentu. Kami merancang platform kami - baik dalam bentuk aslinya dan dalam jangka panjang untuk peluncuran fungsi tambahan - untuk mematuhi rekomendasi dalam laporan. Rekomendasi yang paling penting adalah:

Menawarkan arsitektur aplikasi, perpesanan, alur kerja dan manajemen data terintegrasi. 

Bangunlah "mega-ekosistem" teknologi yang ada untuk memaksimalkan keterampilan dan penggunaan kembali kode. 

Hapus 'silo' yang tidak perlu dengan data untuk membuka peluang bisnis baru dengan mengizinkan aset dunia nyata untuk bergerak bebas di antara semua pemilik potensial yang sah. 

Aktifkan identifikasi entitas hukum dalam model pemrograman untuk memungkinkan transaksi yang dapat dilaksanakan secara hukum dan aman. 

Aktifkan transisi tak terelakkan ke cloud publik tanpa menggunakan teknologi yang berisiko

Dengan mempertimbangkan rekomendasi ini, kami telah menetapkan bahwa survei online adalah titik awal yang tepat untuk pasar data terdesentralisasi kami. Industri survei online yang lama adalah target yang baik untuk gangguan dengan model terdesentralisasi, karena: 

Tidak ada jaminan keamanan dan privasi informasi. 
- Informasi yang dikumpulkan disimpan di server terpusat dan dengan demikian rentan terhadap peretasan. 
- Dengan bergabung dengan situs keanggotaan, kemungkinan besar pengguna telah mengizinkannya atau "mitra pemasaran" untuk bertanya kepada mereka. 

Mungkin ada beberapa lapisan perantara.
- Survei pembayaran online biasanya dilakukan oleh lembaga riset pasar yang bertindak sebagai perantara antara perusahaan pelanggan dan penyedia data. Perusahaan riset pasar ini dapat, pada gilirannya, mempekerjakan perusahaan yang lebih kecil untuk melakukan survei untuk mereka, menambahkan lapisan menengah baru. Bahkan jika pembayaran oleh perusahaan klien asli murah hati, banyak lapisan komisi mengurangi margin keuntungan untuk semua yang terlibat. 

Ada gesekan pembayaran tingkat tinggi. 
- Karena tingginya biaya transaksi dalam infrastruktur perbankan yang ada, pembayaran minimum sering ditetapkan pada tingkat yang tidak dapat diandalkan. 
- Pembayaran dalam banyak kasus hanya tersedia untuk penduduk suatu negara tertentu.
- Pembayaran sering ditawarkan dalam bentuk voucher, bukan uang tunai.

Pasar survei online terdesentralisasi yang dibangun pada arsitektur blockchain memiliki potensi untuk memecahkan masalah di atas dengan menyediakan akses peer-to-peer yang aman antara pelamar data dan penyedia data. Pasar harus memuat semua mekanisme insentif yang diperlukan untuk memastikan proliferasinya. Kami telah menguraikan ini di buku putih kami dan akan segera memposting ringkasan di ruang blog ini.

Anda dapat berlangganan ke milis kami. 

Lihat situs web kami, daftar untuk grup telegram kami. 

Situs web: https://datareum.net
Telegram: https://t.me/datareum
Twitter: https://twitter.com/datareum
Media: https://medium.com/datareum
My Bitcointalk Profile:  https://bitcointalk.org/index.php?action=profile;u=1417773;sa=summary

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SKYFchain

LocalCoinSwap

PayPro